Sama Rata Sama Rasa

Berbagi itu indah. Berbagi itu menenteramkan. Merasakan bersama-sama. Itulah kalau memberi dan menerima atas dasar ketulusan. Memberi dengan tangan kanan, tangan kiri tidak usah ikut campur. Ibarat menimbang, sama berat. Tidak ada yang lebih tinggi satu dengan lainnya.

Sekolah Muhammadiyah, dimanapun berada masih dalam satu citra rasa yang sama. Ibarat tubuh, menjadi satu kesatuan. Andai ada satu anggota badan yang sakit, maka sakitlah semuanya. Andai satu menerima kegembiraan, maka yang lain merasakan kesenangan.

SMP Muhammadiyah 1 Kokap Kulon Progo adalah salah satu bagian dari amal usaha Muhammadiyah. Saat ini, masih memeiliki siswa sejumlah, kelas VII = 15 anak, kelas VIII = 9 anak dan kelas IX = 19 anak.

Bapak Sarmidi, M. Si, selaku Kepala Sekolah, mengatakan bahwa lokasi sekolah memang termasuk daerah pelosok. Lingkungan masyarakatnya belum memahami tentang arti penting pendidikan, disamping juga memang keadaan perekonomian. Namun demikian, Bapak Sarmidi dan rekan-rekannya tetap bersemangat untuk mengabdi dalam bidang pendidikan. Mencerdaskan anak bangsa.

Rabu, 19 Januari 2022, beliau bersilaturahmi ke SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Sebagai tanda kebersamaan, dari pihak SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta memberi beberapa seragam sekolah untuk siswa di SMP Muhammadiyah 1 Kokap Kulon Progo.