Prestasi Adi Wiyata

Satu lagi prestasi SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta ditorehkan dalam bidang Lingkungan Hidup, yaitu sebagai jawara Adi Wiyata. Sekarang, sekolah kami berhak menyandang predikat sebagai Sekolah Adi Wiyata. Perolehan yang tidak mudah untuk menggapainya.

Hari ini, Selasa, 6 Juli 2021 adalah momen terindah bagi Keluarga Besar SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Hari ini pula, kami menerima penghargaan dari Pemerintah Kota Yogyakarta yaitu sebagai Sekolah Adi Wiyata, Bertempat di Balai Kota Yogyakarta Sekolah berbasis lingkungan hidup. Mengoptimalkan potensi yang ada di sekolah dan lingkungannya.

Adiwiyata, secara internasional disebut pula dengan Green School adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif. Green School merupakan program yang dikembangkan di tingkat internasional. Green School lebih bermakna pada pembentukkan sikap anak didik dan warga sekolah terhadap lingkungan, yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Hal ini diwujudkan dalam sikap dan perilaku sehari-hari, baik di sekolah, rumah atau di lingkungan tempat tinggalnya.

Kata ADIWIYATA berasal dari 2 kata Sanskerta “Adi” dan “Wiyata”. Adi mempunyai makna : besar, agung, baik, ideal atau sempurna, Wiyata mempunyai makna tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Adiwiyata dapat diartikan sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Ada lima tujuan dari Pendidikan Lingkungan Hidup

Pertama, Kesadaran. Ini untuk membantu peserta didik memperoleh sebuah kesadaran dan kepekaan terhadap lingkungan dan berbagai permasalahannya.

Kedua, Pengetahuan. Dimaksudkan membantu peserta didik untuk memperoleh sebuah pengertian mendasar tentang lingkungan.

Ketiga, Sikap. Ini untuk membantu peserta didik memperoleh seperangkat nilai dan perasaan-perasaan kepedulaian, motivasi dan komitmen terhadap lingkungan.

Keempat, Keterampilan. Membantu peserta didik memperoleh keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan menyelidiki permasalahan lingkungan.

Kelima,   Dimaksudkan  untuk membantu peserta didik memperoleh pengalaman dalam menggunakan pengetahuan yang mereka peroleh dan keterrampilan dalam pengambilan keputusan, tindakan-tindakan positif yang mengarah pada pemecahan isu-isu dan permasalah lingkungan.

Semoga, ke depan kami tetap istiqomah dalam menjalankan amanat yang telah diberikan, menjadi sekolah yang bukan saja bernilai lingkungan hidup, namun juga sebagai sekolah yang senantiasa menjaga marwah akhlakul karimah. Kami juga harus tetap kuat untuk membina generasi yang akan memikul negeri ini dengan aman dan sentosa.