KH Suja' Way

Manusia merupakan makhluk hidup yang selalu berinteraksi dengan sesama. Tidak mungkin hidup sendiri. Ia membutuhkan kehadiran orang lain. Manusia saling membutuhkan peran orang lain. Di mana pun dan dalam keadaan bagaimanapun, manusia memerlukan kerja sama dengan orang lain. Manusia membentuk pengelompokan sosial di antara sesama, dalam upaya mempertahankan hidup dan mengembangkan kehidupan. Manusia membutuhkan orang lain dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari. Manusia perlu berinteraksi dan bersosialisasi dengan sesama.

Muhammadiyah, sejak lama mendirikan Penolong Kesejahteraan Oemoem (PKO) yang dikemudian hari menjelma menjadi Pembina Kesejahteraan Umat (PKU), adalah inisiatif dari KH Suja’, salah seorang murid dari KHA Dahlan. Sejak berdiri hingga sekarang, PKU terus berkembang melayani kebutuhan masyarakat disegenap lapisan sosial. PKU bukan hanya memfungsikan diri sebagai tempat berobat, namun membina kehidupan bermasyarakat sejahtera jiwa dan raga.

Berkaca dari keadaan yang demikian, dan meneruskan cita-cita luhur Muhammadiyah, maka SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta melaksanakan Bakti Sosial. Kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun dalam rangka memperingati Milad Muhammadiyah dan Idul Adha. Tahun ini, adalah tahun kedua kami melakukan Bakti Sosial dalam suasana covid-19.

Kami melakukan silaturahmi dengan saudara kami yang ada di Pulokadang, Canden, Kecamatan Jetis, Bantul. Bagi kami mereka dalah saudara yang tidak berbeda dengan anak-anak di sekolah. Mitra dalam berdakwah, rekan dalam bermunajat. Di hari tasyrik yang kedua ini, Kamis, 22 Juli 2021, langit dan bumi menjadi saksi, bahwa kami datang kepada mereka dalam perasaan yang tulus.