Amalan Menyambut Bulan Ramadhan

Zaki Afnan Salmadatu, S.Pd.

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh,

Pertama marilah senantiasa kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan taufiq serta hidayah-Nya sehingga kita dapat kembali berjumpa dengan bulan yang penuh barokah dan ampunan Allah ini.

Shalawat dan salam kita haturkan kepada junjungan kita bersama Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang senantiasa mengikuti sunah-sunah beliau hingga akhir zaman nanti.

Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan dalam Islam yang menjadi sangat istimewa. Banyak keutamaan dan keistimewaan dalam bulan ini yang jarang atau bahkan tidak kita temui pada bulan-bulan lainnya, yang dimana ini menjadi salah satu kunci bagi kita untuk menggapai pahala yang sebanyak-banyaknya.

Berikut beberapa amalan sebagai kiat kita bersama dalam menyambut bulan suci yang penuh berkah Allah SWT ini;

Pertama, selalu berdo’a supaya Allah SWT senantiasa dapat mempertemukan kita pada bulan Ramadhan dalam keadaan sehat wal ‘afiyat. Karena dengan keadaan sehat, maka kita dapat senantiasa maksimal dalam menjalankan segala kegiatan ibadah di bulan Ramadhan.

Kedua, bersyukurlah dan memuji Allah SWT atas segala karunia Ramadhan yang kembali diberikan kepada kita. Sebab diantara nikmat terbesar yang diberikan Allah SWT pada seorang hamba adalah ketika dia diberikan kemampuan untuk melakukan amalan ibadah dan ketaatan. Maka, ketika Ramadhan telah tiba dan kita senantiasa diberikan sehat oleh Allah SWT, kita wajib senantiasa bersyukur dengan selalu memuji Allah SWT.

Ketiga, bergembiralah dengan kedatangan bulan Ramadhan. Karena dahulu para salafush shaleh sangat memperhatikan bulan Ramadhan. Mereka sangat gembira dengan kedatangan bulan suci ini dan tidak ada kegembiraan yang paling besar selain kedatangan bulan Ramadhan sebab hanya bulan ini lah banyak keberkahan dan rahmat Allah SWT menyertai kita.

Keempat, rancanglah agenda kegiatan untuk mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari bulan Ramadhan. Bulan ini sangat singkat, sehingga isi lah setiap detik dengan amalan-amalan yang berharga, yang bisa membersihkan diri, dan semakin mendekatkan diri kita kepada Allah SWT

Kelima, selalu memiliki tekad untuk mengisi waktu Ramadhan ini dengan ketatan. Senantiasa mempelajari ayat-ayat Allah, dan segera bertaubat kepada Allah SWT dari segala bentuk dosa dan kemaksiatan maka dia akan selalu dalam naungan Allah SWT dengan pahala yang besar.

Keenam, membuka lembaran baru yang bersih. Dekatkan diri kepada Allah dengan taubatan nasuha, kepada Rasulullah SAW dengan melanjutkan risalah dakwahnya dan senantiasa bisa menjalankan sunah-sunahnya.

Semoga pada bulan Ramadhan yang kita jalani saat ini menjadi bulan Ramadhan yang sukses dan senantiasa mendapatkan predikat taqwa. Semoga segala amalan kita di bulan ini dapat selalu kita pertahankan hingga bulan-bulan berikutnya, karena hal tersebut sebagai bukti keberhasilan dalam menempuh bulan penuh kemuliaan ini.

Barrakallau fikum, Jazakumullah khairan katsira,

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh